Saturday 28 July 2012

pahlawan tanpa tanda jasa

pahlawan tanpa tanda jasa, cocok banget buat dijadiin nama panggilan atau seruan buat seorang guru . ya pekerjaan yang dad jalani sejak 20 atau 30 tahun yang lalu mungkin. sulitnya pendidikan kala itu membuat dad hanya mengenyam pendidikan hingga D2 (itu zaman mana banget deh), dan sekarang tuntutan seorang guru minimal harus memiliki pendidikan minimal es-satu, dad mati matian ikut kuliah lagi dan syukurlah lulus juga es-satu nya di umur nya yang hampir setengah abad itu. dad kayanya semangat banget buat kuliah dan menyelsaikan kuliahnya buat dapet gelar sarjana, motivasi buat aku juga sih, usia tidak menghambat seseorang buat belajar, selagi muda apa salahnya sih buat terus belajar. semakin tinggi ilmu seseorang semakin tinggi pula derajatnya di mata masyarakat.
dad emang paling pinter deh, disiplin, rajin, on time, ga pernah ingkar janji, dad itu sosok pria idaman banget pokonya. banyak pelajaran hidup dad yang bisa aku ambil disini, khusunya dalam menuntut ilmu, kadang malu juga sih sama diri sendiri yang suka males males an kuliah, kalo inget susah payah nya dad nyari uang buat aku kuliah, aduuuh malu banget . umur dad sekarang hampir setangah abad, setelah lulus menjadi seorang sarjana, menambah panjang nama dad tentunya . LOL . dad harus ikut diklat selama sepuluh hari buat-entah-apa-lah-itu yang jelas biar lulus diklat dan kerja nya lebih bagus, ya sertifikasi guru juga sih kayanya. setelah nunggu berminggu minggu dad di ahrkosin pemerintah yang membagi diklat menjadi beberapa periode, satu dua tiga empat dad setia banget nunggu nama nya keluar di daftar nama terpilih peserta diklat, aku ya setia tiap minggu chek web nya buat liat nama dad, tapi ga muncul muncul. sampe periode ke delapan nya baru deh ada, mungkin belumk rejeki aja kali ya, atau mungkin berkah ramadhan, gatau juga deh sama pola fikir pemerintah kaya gimana, dad selama 7 periode di harkosin mulu, yang bisa di bilang 70 hari . tanggal dua nanti dad berangkat ke-entah-apa-nama-tempat-diklat-nya hotel apa lah itu lupa. antusias banget dad optimis banget sebelumnya bakal diklat agustus ini, dan benar saja akhirnya doa dad didenger juga, apa dad emnag lagi tobat kali ya, jadi tuhan baik sama dad. cuma tuhan yang tau.
imbasnya kenapa jadi aku yang kenaaaaaa, ah dad rumpi deh ya bikin nangis siang siang orang lagi puasa juga, disuruh bikin ini itu lah ngetik ini itu yang susah banget, dan saking keselnya gatau harus ngapain. masalah ngetik sampe nangis udah, magrib nya dad makin lancang nyuruh nulis materi diklat sampe 10 lembar folio, tulis tangan, usum banget !!! untung aku ngerti tentang tata cara pembelajaran siswa di balik layar, dari bikin RPP, lembar kerja isswa, metode pembelajaran, bahan ajar, semua antek antek tentang pembelajaran di kelas, profesi guru yang aku anggap gampang itu ternyata lebih sulit dari yang ku duga, apalagi pekerjaan guru sebelum dan sesudah pembelajaran di kelas.
tangan kayanya jadi korban ke dzaliman diklat deh ini, besok masih banyak lagi tulisan yang belum selsai, beresin barang barang buat diklat nya dad juga, males ah mom aja yang ngerjain. LOL . 
buat aku dad itu semacam pahlawan, pahlawan tanpa tanda jasa, ya guru, pahlawan tanpa tanda jasa. semangat buat PLPG nya dad . we'll miss you {}

---- juwi and mom

0 comments:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Post a Comment